Skip to main content

TANAMAN KARPET AQUASCAPE/BAGIAN FOREGROUND

TANAMAN AQUASCAPE FOREGROUND

Tanaman karpet biasa ditanam dibagian depan aquascape untuk menciptakan hamparan rumput, setiap tanaman juga memiliki cara perawatan yang berbeda tergantung jenis tanamanya diantaranya.

Glossotigma elatinoides

Glossotigma elatinoides

Nama Spesies: Glossostigma elatinoides
Sinonim: Glossostigma elatinoides
Lokasi: Australia
Genus: Glossostigma
Keluarga: Phrymaceae
Negara: Kosmopolitan
Tingkat Pertumbuhan: Cepat
Pencahayaan: Tinggi
Toleransi pH: 5.0-7.0

Tipe Tanaman: Batang

Glossostigma elatinoides, adalah tanaman air tawar asli Australia, Selandia Baru, India, dan Afrika Timur. Ini adalah tanaman cleistogami, yang merupakan jenis tanaman penyerbukan sendiri yang dapat diperbanyak dengan menggunakan bunga yang tidak membuka. Ketika pertumbuhan terendam, daunnya memiliki panjang antara 0,5-2,5 inci dan menghasilkan bunga penyerbukan sendiri yang tertutup.

Hemianthus callitrichoides cuba

Hemianthus callitrichoides cuba

Nama Spesies: Hemianthus callitrichoides ‘cuba’
Sinonim: Dwarf Helzine
Lokasi: Kuba
Genus: Hemianthus
Keluarga: Scrophulariaceae
Negara: Amerika Utara
Tingkat Pertumbuhan: Sedang
Pencahayaan: Tinggi
Toleransi pH: 5.0-7.0
Tipe Tanaman: Batang

Hemianthus callitrichoides adalah salah satu tanaman aquarium terkecil di dunia, daunnya berukuran beberapa milimeter tumbuh merambat dan bergerombol sehingga tanaman ini sangat cocok bila dijadikan tanaman bagian depan pada aquascape.

Menanam dalam ukuran kecil dengan jarak beberapa centimeter dalam waktu 3 – 6 minggu akan menutup bagian depan seperti karpet. 

Hemianthus callitrichoides (HC cuba) merupakan tanaman yang sangat menarik dan cocok untuk aquarium ukuran kecil.

Eleocharis accicularia (Dwarf hairgrass atau hair grass pendek)

Eleocharis accicularia (Dwarf hairgrass atau hair grass pendek)

Hair Grass Mini
Jenis : Karpet
Asal : Kultivar 
Tingkat pertumbuhan : Lambat
Tinggi Tanaman : 3 cm - 5 cm 
Kebutuhan cahaya : Medium 
Kebutuhan CO2 : sedang 

tanaman tersebut juga membutuhkan intensitas cahaya yang sedang untuk dapat tumbuh dengan optimal, Eleocharis acicularis atau Hair Grass Mini merupakan salah satu tanaman yang paling baik untuk menciptakan karpet pada Desain Aquascape, kelebihan lainnya yaitu Hair Grass Mini memiliki tinggi sekitar 3 cm sampai dengan 5 cm).

Sehingga tanaman ini sangat Cocok untuk nano-akuarium atau untuk tank ukuran Nano ( Nano Tank )

Eleocharis sp. (Hairgrass jepang)

Eleocharis sp. (Hairgrass jepang)

Eleocharis sp.
Jenis : Karpet
Asal : Kultivar
Tingkat pertumbuhan : Lambat
Tinggi Tanaman : 5 cm - 10 + cm
Kebutuhan cahaya : Medium
Kebutuhan CO2 : sedang 

Penanaman spesies tunggal Eleocharis sp. menciptakan aquascape mirip dengan lapangan rumput dengan finishing lembut. 

Eleocharis acicularis kadang-kadang tumbuh terlalu tinggi untuk digunakan sebagai tanaman latar depan dalam akuarium yang memiliki kedalaman air 60 cm, sementara Eleocharis parvula, yang menjalar dengan nama umum dari “hairgrass pendek”, dapat dipertahankan pada ketinggian lebih pendek.

Ketika Eleocharis acicularis ditanam, daun lurus menjadi keriting atau pertumbuhannya terhambat jika dipangkas terlalu sering. Dengan demikian tanaman ini harus dikelola dengan sabar, pemangkasan yang tepat diulang jika tumbuh terlalu tinggi. 

Perawatan harus dilakukan terhadap tanaman ini bila tidak membentuk karpet tebal atau memburuk dari waktu ke waktu atau gizi yang cukup ini tidak disertakan dengan power substrat atau jumlah injeksi cahaya dan CO2 yang tidak memadai.

Eriocaulon cinereum (Teki kecil)

Eriocaulon cinereum (Teki kecil)

Family : Eriocaulaceae
Genus : Eriocaulaceae
Tingkat Kesulitan : Sedang
Kebutuhan Cahaya : Tinggi
Ukuran : Tinggi 2-8 cm
Pertumbuhan : Lambat

Eriocaulon cinereum, merupakan salah satu spesies di antara 400 spesies Eriocaulon, tanaman ini adalah tanaman sawah asli yang berasal dari Asia tenggara di mana ia tumbuh secara emersed pada tanah yang sangat basah. 

Sejak ditemukan dan dijadikan untuk tanaman akuarium yang indah dalam beberapa tahun terakhir ini. Meskipun tanaman ini relatif umum di kawasan Asia Timur, spesies Eriocaulon cinereum 

Masih jarang diimpor ke Amerika Serikat. Tanaman kecil ini memerlukan substrat yang subur untuk berkembang, karena menyedot banyak nutrisi dan memliki sistem akar yang banyak. 

Bahkan, sistem akar spesies ini bisa sampai tiga kali lebih panjang dari daunnya. Kebutuhan yang lainnya yaitu persyaratan yang umum untuk kebanyakan tanaman dengan Tingkat yang cukup sulit yaitu kondisi pencahayaan yang intens, Harus menggunakan CO2, dan pupuk cair tentunya (termasuk nitrat, fosfat, kalium, dan zat gizi mikro). Ketika kadar CO2 yang baik, pada pusat Eriocaulon cinereum akan mengembangkan warna rona emas.

Lilaeopsis brasiliensis (Lilaeopsis)

Lilaeopsis brasiliensis (Lilaeopsis)

Jenis: Stolon
Asal: Amerika Selatan 
Tingkat pertumbuhan: Lambat 
Tinggi: 3-7cm rata-rata 
Cahaya: medium ( 1/2 watt / liter )
Co2: Medium (6-14 mg / L)

Lilaeopsis brasiliensis adalah berasal dari Amerika Selatan, dapat tumbuh sangat kompak, tapi "efek padang rumput'' (4-7 cm) hanya dapat dicapai pada intensitas cahaya yang tinggi. 

Saat menanam dalam kumpulan kecil di akuarium harus diberikan jarak beberapa sentimeter, untuk membantu tanaman tumbuh bersama-sama dengan lebih cepat. 

Tempatkan dengan posisi terbuka dan tanpa naungan dari tanaman lain untuk mendapatkan cahaya yang baik. Lilaeopsis brasiliensis dapat digunakan di kolam taman, dan juga dapat untuk mentolerir konsentrasi garam rendah di akuarium air payau.

Marcella hirsuta (Four leaves clover)

Marcella hirsuta (Four leaves clover)

Info tanaman 
Jenis: Karpet 
Asal: Australia 
Tingkat pertumbuhan: Sedang 
Tinggi: 5 - 20+ cm
Cahaya : Low - Medium
CO2: Rendah

Marsilea hirsuta adalah tanaman karpet dari Australia. Tanaman yang menarik, biasanya dikirim dengan daun seperti semanggi empat daun. Setelah masa peralihan, ia mengembangkan berbagai jenis daun, mungkin bentuk rendah dengan daun tunggal seperti Glossostigma besar, atau sebagai alternatif mengembangkan dua, tiga atau empat daun lobus dengan ketinggian bervariasi (dari 2-10 cm), tergantung pada kondisi pertumbuhan. Apa pun bentuk tanaman yang diadopsi, ia membentuk pelari dan menyebar dengan cepat di sekeliling akuarium.

Utricularia graminifolia

Utricularia graminifolia

Info tanaman
Jenis: Karpet
Asal: Asia
Tingkat pertumbuhan: Sedang
Tinggi: 3 - 10+ cm
cahaya: Sedang - tinggi
CO2: Sedang

Utricularia graminifolia berasal dari Asia. Semua tanaman dalam keluarga ini adalah tanaman rawa. Perangkap kandung kemih adalah fitur unik dari tanaman ini, yang terbentuk oleh Utricularia graminifolia setelah periode waktu yang singkat di akuarium. 

Nama spesies berarti 'dengan rumput seperti daun' dan daun hijau segar setelah periode waktu yang singkat membentuk tikar cantik (tinggi 2-8 cm). Karena itu, Utricularia graminifolia adalah tanaman bagian depan yang ideal.

Echinodorus tenellus Mini

Echinodorus tenellus Mini

Info tanaman 
Jenis: Karpet 
Asal: Kultivar 
Tingkat pertumbuhan: Lambat 
Tinggi: 5 - 15+ cm
Cahaya: Rendah 
CO2: Rendah

Echinodorus tenellus 'Green'.

Tanaman rosula kecil ini akan dengan mudah membuat karpet setinggi 5-10 cm saat cahayanya bagus dan lapisan bawahnya bergizi. 

Bahkan pada tingkat cahaya yang intens, varietas ini tetap hijau segar tidak seperti Echinodorus tenellus yang biasa dan lebih kemerahan. Tanaman latar depan yang mudah dan tidak banyak menuntut.

Sagittaria subulata

Sagittaria subulata

Info tanaman
Jenis: Stolon 
Asal: Amerika Selatan 
Tingkat pertumbuhan: Tinggi 
Tinggi: 5 - 30+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Sedang

Sagittaria subulata dari Amerika Selatan adalah tanaman latar depan yang ideal yang tunas pendeknya membentuk kelompok kompak. Tempatkan masing-masing tanaman dengan jarak 2-4 cm. 

Tanaman ini dapat menyebabkan masalah karena dalam kondisi tertentu tiba-tiba tumbuh hingga ketinggian 50 cm ketika tumbuh lebih tua. Tetapi jika kemudian dipindahkan ke latar belakang mungkin menjadi rendah lagi. 

Di akuarium itu kadang-kadang mengirim batang bunga panjang ke permukaan, dan bunga putih kecil dibuka tepat di atas permukaan air.

Staurogyne repens (Staurogyne sp.)

Staurogyne repens (Staurogyne sp.)

Nama botani lengkap Staurogyne répens (Nees) Kuntze
Keluarga : Acanthaceae
Genus : Staurogyne
Kesulitan : sedang
Toleransi suhu : 20 - 30 ° C

Runner Perbanyakan, Stek, Memisahkan, memotong tanaman anak Staurogyne repens adalah tanaman hijau segar, padat dan tangguh untuk latar depan akuarium. 

Kerabat terdekatnya dalam aquaristic adalah Hygrophila tetapi Staurogyne repens berbeda dengan perawakannya yang bertubuh kecil, lebat dan serta dedaunan hijau kecil. 

Khususnya di bawah air Staurogyne repens berbeda dari spesies Hygrophila yang diketahui.

Staurogyne repens cocok untuk latar depan dan tengah akuarium. Selama penanaman di akuarium, pucuk tegak terpanjang harus dipotong dan setiap pot harus dibagi menjadi 2 hingga 4 bagian yang kemudian ditanam berdekatan satu sama lain dalam kelompok kecil. 

Daun yang muncul akhirnya akan mati ketika di bawah air dan ini juga dapat dihapus selama penanaman. Dengan melakukan itu, bentuk pertumbuhan kompak rendah dipertahankan. 

Di akuarium, Staurogyne repens mengembangkan tunas merayap baru secara horizontal dari dasar tanaman yang segera membentuk karpet yang indah. Kemampuan membuatnya menjadi tanaman yang ideal untuk latar depan.

Cryptocoryne parva

Cryptocoryne parva

Info tanaman 
Jenis: Rosulate 
Asal: Asia 
Tingkat pertumbuhan: Lambat 
Tinggi: 5 - 10+ cm 
Cahaya: Sedang 
CO2: Rendah

Cryptocoryne parva Sri Lanka adalah yang terkecil dari semua Cryptocorynes (tingginya hanya 3-6 cm dan lebar roset kurang dari 5-8 cm). 

Ini adalah salah satu dari sedikit spesies yang tidak secara signifikan mengubah bentuk dan warnanya tergantung pada kondisi budidaya. Dibutuhkan lebih banyak cahaya daripada Cryptocorynes lainnya karena hampir kehilangan helai daunnya di bawah air. 

Jadi, jangan pernah dibayangi oleh tanaman lain. Masing-masing tanaman harus ditanam terpisah beberapa sentimeter, dan setelah sekitar enam bulan mereka akan membentuk kelompok tanaman yang tumbuh pendek. Direkomendasikan untuk penanaman di bagian depan.

Elatine Triandra 


Keluarga: Elatinaceae 
Genus: Elatine 
Asal : Amerika Utara 
Penempatan: Foreground 
CO2 : Sangat diperlukan 
Cahaya : tinggi 

Tanaman bagian depan dengan perawatan yang rumit, dapat tumbuh dengan cepat jika semua kebutuhan tanaman tercukupi, bila tidak tercukupi tanaman akan cepat mati, tanaman yang bisa memunculkan nuansa mewah didalam tangki dengan pertumbuhan yang padat dan kompak. 

Pemangkasan sangat diperlukan jika tanaman tumbuh terlalu padat agar cahaya dapat mengenai seluruh permukaan tanaman.

Elatine Hydropiper 


Asal: Asia dan Eropa 
Jenis: Batang 
Pertumbuhan: Cepat 
Perawatan: Sedang 
Tinggi: 2 cm - 5 cm 
Lebar: 2 cm - 30+ cm 
Tuntutan cahaya: Sedang-Tinggi 
CO2: Sedang 

Tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia Timur, memiliki daun hijau muda yang padat bulat, tumbuh merayap sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman karpet aquascape. 

Pertumbuhan Elatine Hydropiper sangat mirip dengan Hemianthus callitrichoides 'Cuba' dan Glossostigma elatinoides tetapi jauh lebih lambat.

PEMESANAN PUPUK ORGANIK CAIR BISA MELALUI NO HP

- 089530499948

PEMBELIAN BISA LEWAT COD / TOKO ONLINE, GRATIS ONGKIR KE SELURUH INDONESIA

TERSEDIA JUGA DI :

TOKOPEDIA KLIK TULISAN BIRU: 

https://tokopedia.link/dFDXs4kymwb

SHOPEE KLIK TULISAN BIRU: 

https://shp.ee/82c6jve

Comments

  1. Kak buat tanaman karpet hairgrass pendek bisa tumbuh gak di akuarium non co2 kalo misal gak kasih saran dong tanaman karpet yg bisa tumbuh non co2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenellus dan sagitaria subulata, bisa tanpa injek co2, hanya saja pertumbuhanya lambat. Pastikan substrat pakai soil bisa juga tambah pupuk dasar, pupuk cair makro dan mikro.

      Delete
    2. Klo ga pke soil sama pupuk dasar gmana kak.haya pke pupuk cair sajah

      Delete
    3. Bisa pilih tanaman seperti java fern, moss, anubias, buchepalandra.

      Delete
  2. Rida dengan Aquascape
    https://www.youtube.com/watch?v=37QhvMbvaF4

    ReplyDelete
  3. Kalau di tank 50x30x25. Led hpl 18watt yg cocok yg mna ya.

    ReplyDelete
  4. Lebih gampang monte atau gloso gan untuk pertumbuhan di cahaya sedang?

    ReplyDelete
  5. Bang bro,mau nanya richia fluitan masuk tanaman karpet gak ya kayaknya cakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijadikan karpet dengan cara diikat dimedia seperti kawat ram stainles, atau pakis.

      Delete
  6. Bro klo ikan molly makan moss tidak?
    Soalnya moss saya gk tumbuh2 klo tumbuhan yg lain tumbuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan molly tidak memakan moss, jika moss pertumbuhanya lambat pastikan air bersuhu dibawah 30 celcius. Agar moss bisa tumbuh optimal

      Delete
  7. Bang mau tanya. Ug kan termasuk tanaman karnivora dan ga butuh banyak nutrisi dari pukdas dan soil, cara biar dia bisa dapet makanannya pada awal tanam baiknya gimana ya bang?

    ReplyDelete
  8. Bang , hairgrass jepang kira2 spy full karpet butuh berapa lama ya ? Saya pakai cisod co2,

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 bulan sudah ngarpet tergantung ukuran tank, substrat, pencahayaan, kualitas air dan pupuk sangat berpengaruh pertumbuhan hair grass.

      Delete
  9. Bang kalo media tanam nya cuma pake pasir malang. Cocoknya pake apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau menanam tanaman akar bisa ditambahi pupuk dasar, misal hanya mau menanam tanaman seperti anubias, moss, java fern menggunakan pasir malang saja tidak ada masalah.

      Delete
  10. Replies
    1. Kualitas air yang baik, suhu air harus dingin dibawah 30 celcius, substrat soil, pencahayaan high, dan pemberian pupuk cair secara teratur

      Delete
  11. bang moss saya diserang algae, padahal tanaman lainya enggak diserang algae sama sekali, penyebabnya apa ya, dan cara pemberantasan algaenya gimana/pake apa?

    ReplyDelete
  12. Biar lebih jelas bisa kunjungi halaman ini

    https://owlaquascape.blogspot.com/2019/06/penyebab-munculnya-alga-aquascape.html?m=1

    ReplyDelete
  13. bang java fern emangnya gak bisa kah untuk ditanam di substrat?
    saya bertanya, soalnya java fern saya daunnya busuk busuk saya tanamnya di substrat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Java fern termasuk tanaman epifit, yaitu tanaman yg tumbuh menempel pada kayu dan batu, termasuk juga tanaman anubias, buchepalandra itu juga epifit, jadi cara menanamnya cukup di tempelkan saja ke kayu atau batu lalu ikan dengan benang jahit

      Delete
  14. Boss, saya nanam staurogyne repen sudah umur 2 minggu lebih tp warnanya agak menguning. Sudah ada tumbuh tunas baru dibawahnya, tapi tunas baru di pucuknya daunnya pada lepas dan melting kira kira knp ya boss? Spek tank 40x30x30, co2 cisod tabung wyin zrdr stainles steel 8jam/hari 2bps mengikuti lampu 4 jam siang 11:00-15:00, malam 20:00-24:00, mini canister jebo 225 420 L/H, kipas, pukcir mikro, makro, proscaper & color up 2x seminggu, WC 1x seminggu + bakteri starter, suhu tank 27-29, lampu kandila 18watt wrgb. Rencana mau nambah lampu lagi 18watt kelebihan ga boss? Tanaman : higrophila pinatifida, altanantera renickii, amazon sword mini, valisneria spiral, ludwigia sp red & sp white, kadaka, bucephalandra, cryptocorine wnditi green, ricardia moss dan staurogyne repens. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melihat peralatan aquascapenya tidak ada masalah, tanaman juga pencahayaan low - medium, biasanya tanaman masih daun darat jadi butuh adaptasi menuju daun air, substrat sebaiknya pakai soil saja biar tanaman akar tercukupi kebutuhan nutrisinya.

      Delete
    2. Terimakasih atas jawabannya boss, memang saat planting kondisi s. Repens masih daun darat. Kira kira berpa lama s. Repens bisa ngarpet boss? Soil toping cuma 3 liter, bawahnya pasir malang. Substrate : bak. Starter 10gr, rumah bakteri 1 lt, pupuk dasar 1 lt, pasir malang kirakira 3 kg plus toping soil 3 lt. Kalo ditambah lampu lagi 18watt kirakira cukup atau kelebihan boss utk tanaman yg saya palnting trsbut? Terimakasih 🙏

      Delete
    3. Sekitar 6 bulan tanaman sudah full daun air dan mulai tumbuh anakan.

      Delete
  15. Gan, monte carlo berapa lama mulai ngarpet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 6 bulan gan kalau pakai co2 dan lampu medium-high

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

JENIS TANAMAN ROTALA

JENIS TANAMAN ROTALA Rotala rotundifolia pink (ceylon) Info tanaman Keluarga: Lythraceae Genus: Rotala Wilayah: Asia Kebutuhan Cahaya: Sedang - tinggi Tingkat Pertumbuhan: Cepat Kesulitan: Mudah Lokasi: Midground - latar belakang Rotala rotundifolia pink adalah tanaman akuarium klasik, rotundifolia adalah tanaman merah yang mudah tumbuh di akuarium. Meskipun akan tumbuh dalam cahaya sedang, tanaman ini benar-benar membutuhkan cahaya tinggi untuk menunjukkan warna aslinya. Rotala rotundifolia green Info tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat pertumbuhan: Tinggi Tinggi: 20 - 30+ cm Cahaya: Sedang CO2: Sedang Rotala sp asiatik hijau sangat mirip dengan Rotala rotundifolia, tetapi daunnya tetap hijau segar dan cerah, bahkan dengan cahaya intensif. Panjang batang mencapai 40-50 cm dan lebar 2-3 cm. Tanaman ini membentuk banyak tunas samping dan memperoleh pertumbuhan yang indah, lebat. Tanaman harus sering dipangkas untuk me

PENYEBAB MUNCULNYA ALGA AQUASCAPE

PENYEBAB MUNCULNYA ALGA AQUASCAPE Black Beard Alga (BBA) Black Beard Alga termasuk kelompok alga merah seperti halnya alga staghorn. BBA mempunyai variasi warna dari hijau tua, abu-abu dan hitam pekat. BBA akan menempel di peralatan aquascape, daun tanaman, bahkan bisa menempel di substrat. Penyebab Munculnya BBA akan muncul di akurium jika banyaknya kotoran di filter dan substrat. Bersihkan secara berkala setiap minggu dengan menguras air 50%. CO2 juga sangat berpengaruh terhadap munculnya alga BBA. Jika kekurangan CO2 alga ini akan mengambil karbon yang dibutuhkan.  Dan alga ini dapat memisahkan karbon dari ion hydrogen karbonat, lalu menghasilkan ion hidroksida yang dapat meningkatkan pH di dalam air. Dari situlah alga BBA bisa lebih susah dibersihkan dan tidak menarik bagi fauna pemakan alga untuk memakanya. Brown Algae (Diatoms) Brown alga sering muncul di tangki yang baru di buat sekitar umur satu hingga tiga minggu. Alga ini sering juga menempel di s

17 TANAMAN ANUBIAS

TANAMAN ANUBIAS Anubias afzelii (congensis) Anubias afzelii Nama ilmiah: Anubias afzelii Keluarga: Araceae Ukuran : 15 - 30 cm Kisaran pH : 6 - 8 Suhu : 23 - 27 ° C Reproduksi tanaman: Rimpang Asal (di alam liar): Afrika tanaman tumbuh: Lambat pencahayaan: Sedang Anubias afzelii tidak terlalu rewel tentang persyaratan pencahayaan. Seperti beberapa tanaman Anubias lainnya, spesies ini cukup di bawah pencahayaan yang terang, namun juga akan tumbuh sama cepatnya di bawah pencahayaan redup. Pencahayaan yang terlalu terang dapat menyebabkan tanaman ini ditumbuhi alga. Anubias gigantean Kisaran pH: 6.5 - 7.2 Kisaran suhu: 22-28 C Perbanyakan: Stek rimpang. Habitat: Afrika Cahaya : rendah - sedang Anubias terlihat bagus di akuarium tetapi tumbuh jauh lebih lambat di bawah air. Cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan mereka adalah dengan menaikkan daunnya di atas permukaan air Anda. Anubias akan berakar di kayu atau bat

17 JENIS LUDWIGIA

17 JENIS LUDWIGIA LUDWIGIA INCLINATA VAR VERTICILLATA 'ARAGUAIA' Kebutuhan Cahaya: Tinggi CO2 : Sangat dibutuhkan Struktur Tanaman: Batang Keluarga: Onagraceae Genus: Ludwigia Wilayah: Amerika Selatan Lokasi: Rio Araguaia, Brasil Ukuran: lebar batang 10 cm Tingkat Pertumbuhan: Cepat Ludwigia inclinata var. verticillata 'Araguaia' adalah varietas lokal dari L. inclinata yang berdaun murni dari Rio Araguaia di Brasil timur. Itu menyerupai L. inclinata var verticillata 'Kuba'. Ini berbeda dengan daunnya yang lebih sempit dan kecenderungan yang lebih rendah untuk membentuk tunas lateral. LUDWIGIA INCLINATA VAR. VERTICILLATA 'CUBA' Kebutuhan Cahaya: Tinggi CO2 : Sangat dibutuhkan Struktur Tanaman: Batang Keluarga: Onagraceae Genus: Ludwigia Wilayah: Amerika Tengah / Selatan Lokasi: Kuba Ukuran: Lebar batang individu: 10-15 cm Tingkat Pertumbuhan: Cepat Ludwigia inclinata var. verticillata '

Membasmi Hama Planaria Aquascape

Membasmi Hama Planaria Aquascape Cacing Planaria Planaria termasuk cacing pipih atau turbellaria. Spesies planaria terdiri dari berbagai jenis dengan karakteristik berbeda. Cacing planaria terdapat di air tawar dan air asin, sebagai hewan predator itu kenapa cacing planaria dianggap hama diakuarium. Tidak semua cacing planaria berbahaya bagi penghuni akurium seperti ikan, udang, siput karena cacing planaria di akuarium hanya memakan microorganisme dan sisa pakan ikan yang tidak habis. Mengapa cacing planaria bisa menjadi berbahaya   Dalam jumlah cacing planaria yang tak terkontrol, bisa menimbulkan masalah bagi hewan invertebrata seperti udang dan siput bisa berdampak juga bagi ikan. Dalam masalah ini ukuran mangsa sangat mempengaruhi. Cacing planaria akan memangsa anakan ikan dan telur ikan. Dapat juga memangsa udang yang baru mengganti kulit. Mengenal lebih dekat cacing planaria   Sebagai hama paling umum di akuarium, cacing planaria termasuk dalam ordo Tricl

Jenis Bucephalandra

Jenis Bucephalandra Bucephalandra Brown Nama Umum: Bucephalandra Brownie Brown  Nama Keluarga: Araceae  Asal : Kalimantan, Indonesia  Ukuran Daun: 1-2 cm  Perawatan: Mudah  Cahaya: Rendah ke Sedang  Co2: Tidak perlu  Perbanyakan: Pemotongan rimpang Buce Brownie Brown adalah tanaman yang mudah dalam perawatanya. Tanaman ini tumbuh sangat lambat, dengan daun baru tumbuh dari rimpang. Perbanyakan dengan memotong rimpang dan mengikatkanya pada kayu dan batu menggunakan lem atau benang. Bucephalandra Mini Coin Nama Umum: Bucephalandra Mini Coin Nama Keluarga: Araceae  Asal : Kalimantan, Indonesia  Ukuran Daun: 1cm  Perawatan: Mudah  Cahaya: Rendah ke Sedang  Co2: Tidak perlu  Perbanyakan: Pemotongan rimpang Seperti kebanyakan spesies Buchepalandra yang lain. Tidak ada perawatan yang khusus untuk menumbuhkan Buche Mini Coin. Hanya penambahan pupuk cair sangat di anjurkan karna tanaman ini tidak mengambil nutrisi dari substrat namun men

JENIS TANAMAN HYGROPHILA / STEM PLANT

13 JENIS TANAMAN HYGROPHILA / STEM PLANT Tanaman Hygrophila adalah tanaman berbunga dari keluarga achantus, acanthaceae yang berjumlah 80 sampai 100 spesies diantaranya tanaman air, yang sudah di perdagangkan di seluruh dunia. HYGROPHILA POLYSPERMA 'SUNSET' Kebutuhan Cahaya: Sedang Struktur Tanaman: Batang Keluarga: Acanthaceae Genus: Hygrophila Wilayah: Cultivar Lokasi: Cultivar Ukuran: Lebar batang: 6-10 cm Tingkat Pertumbuhan: Cepat Hydrophila polysperma "Sunset", di Eropa dijual dengan nama "Rosanervig". Tanaman berwarna merah yang sederhana ini sangat menarik. Tumbuh di hampir semua kondisi. Temperatur antara 18 dan 28 ° C, nilai pH dalam kisaran 5 hingga 8 dan kesadahan air dari lunak ke keras dapat ditoleransi dengan sangat baik, yang menunjukkan bagaimana tanaman ini dapat beradaptasi. Namun, tidak memerlukan banyak cahaya dan CO2, jika dilengkapi dengan faktor-faktor ini warnanya yang kemerahan semakin intensi

Jenis Hydrocotyle Aquascape

Hydrocotyle Hydrocotyle, sering juga disebut pennywort air,pennywort India, pennywort rawa, pennywort berdaun tebal adalah genus tanaman semi atau semi-akuatik yang sebelumnya diklasifikasikan dalam keluarga Apiaceae, sekarang di keluarga Araliaceae. Hydrocotyle vulgaris Info tanaman Nama Umum: pennywort Keluarga: Araliaceae Wilayah : Eropa Cahaya :Sedang Tinggi: 3 – 10+ cm Perawatan: Rendah Hydrocotyle vulgaris, atau pennywort air, tersebar luas di Eropa dan juga ditemukan di Afrika Utara, di Kaukasia dan Iran. Di Jerman Hydrocotyle asli. Ini membentuk populasi yang luas di tepi danau dan tepi kolam dan terutama tumbuh di lokasi yang kurang nutrisi dan kapur, berawa atau berpasir, yang mungkin cukup kering. Pennywort juga meluas ke air dangkal, di mana daunnya terkadang mengapung di permukaan air. Hydrocotyle verticillata Info tanaman Jenis: Batang Asal: Amerika Selatan Tingkat pertumbuhan: Sedang Tinggi: 3 – 10+ cm Cahaya: Ting

MOSS AQUASCAPE

MOSS AQUASCAPE Chladophora aegagropila (Moss ball) Cladophora Aegagropila adalah bukan benar-benar tanaman, tetapi bola ganggang dengan ukuran 3-10 cm. Biasanya ditemukan di danau dangkal di mana gerakan ombak membentuknya menjadi bola. Dalam akuarium lumut harus diputar secara teratur untuk menjaga bentuknya. Asal: Cosmopolitain Cahaya: Rendah Jenis: Lumut Tinggi: 3-10 cm Tingkat Pertumbuhan: Lambat Tingkat Perawatan: Mudah Fissiden fontanus Fissidens adalah lumut dengan warna hijau tua yang rapat berasal dari Amerika Utara. Tumbuh relatif lambat dan membutuhkan lebih banyak cahaya dari pada lumut lainnya. Cocok untuk mengikat akar dan batu baik secara vertikal maupun horizontal di akuarium. Jenis: Lumut Asal: Kosmopolitan Tingkat pertumbuhan: Lambat Tinggi: 3 - 5+ cm Cahaya: Sedang CO2: Sedang Monosolenium tenerum (Pellia endiiviifolia, pellia, atau pelia) Monosolenium tenerum adalah lumut hati yang menarik, setinggi 2-5