Skip to main content

Jenis Echinodorus

Echinodorus

Echinodorus adalah tanaman yang berasal dari Amazon, masuk dalam genus tanaman keluarga Alismataceae yang didistribusikan di Amerika bagian barat, tengah sampai ke Argentina.

Echinodorus amazonicus


Keluarga: Alismataceae 
Ukuran : 30 - 50 cm 
Suhu : 22 - 30 ° C 
Perbanyakan : Tunas 
Asal : Amerika Selatan 
Pertumbuhan : Lambat 
Cahaya : Sedang 
Penempatan : Area Tengah

Tanaman yang popular di pelihara di akuarium, tanaman yang sangat kuat dan mudah dalam merawatnya. Tanaman akan mengembangkan sistem akar yang kuat didalam akuarium setelah beberapa waktu di tanam dan akan tumbuh cukup besar di dalam akuarium anda.

Echinodorus cordifolius


Keluarga: Alismataceae 
Ukuran : 35 - 55 cm 
Suhu : 22 - 28 ° C 
Asal : Amerika Utara 
Pertumbuhan : Sedang 
Cahaya : Tinggi 
Penempatan Tumbuhan : Area Tengah

Tumbuhan yang bisa tumbuh cukup besar sehingga lebih cocok untuk akuarium ukuran besar. Tanaman yang membutuhkan substrat yang kaya nutrisi dan pencahayaan yang cerah.

Tanaman ini akan menampilkan permukaan daun berwarna marmer setelah tumbuhan di masukan ke dalam tangki, adalah hal yang wajar jika pertamakali menanam daun akan mati lalu kemudian akan tumbuh kembali.

Echinodorus horemanii


Nama Keluarga: Alismataceae 
Asal: Afrika Selatan 
Tinggi: 8-12cm 
pH: 6-7.5 
Perawatan: Mudah 
Cahaya: Rendah 
CO2: Rendah 0-6 mg/l 
Perbanyakan: Pisahkan tunas baru dari akar 
Tingkat pertumbuhan: Lambat ke Moderate

Echinodorus horemanii tanaman yang berbentuk seperti pedang yang sangat indah karena daun baru tanaman ini akan berwarna merah dan daun tua akan berwarna hijau namun tetap mempertahankan garis merah.

Tanaman dapat tumbuh dengan baik yang emersed maupun terendam dan seringkali, daun baru dapat tumbuh di atas garis air.

Secara garis besar Echinodorus horemanii adalah tanaman yang mudah dalam perawatanya, tidak terlalu mununtut dan sangat cocok ditempatkan di akuarium yang besar.

Echinodorus opacus


Nama Keluarga: Alismataceae 
Daun: 1-2 cm 
Perawatan: Mudah 
Cahaya: Rendah ke Sedang 
CO2: Sedang 6-14 mg/l
Perbanyakan: Pembagian Batang 
Tingkat pertumbuhan: Sedang ke cepat

Echinodorus Opacus adalah tanaman yang jarang ditemukan tanaman yang punya ciri daun berbentuk bundar. Tanaman yang mudah tumbuh tanpa perawatan yang rumit sangat direkomendasikan untuk pemula. Tanaman yang tetap pendek sehingga menjadikan tanaman yang cocok ditempatkan di bagian tengah akuarium.

Echinodorus osiris


Suhu : 22 ° - 28 ° C 
Pencahayaan : Sedang ke tinggi 
Asal: Amerika Selatan 
Penempatan akuarium: Tengah ke latar belakang 
Perawatan: Mudah

Tanaman bagian tengah yang indah dengan daun yang berwarna hijau dan merah menghasilkan tampilan yang sangat indah, tinggi dan besar. Merawat Echinodorus Osiris memang sangat sederhana meskipun tanaman tumbuh dicahaya yang tinggi, sangat membutuhkan substrat kaya nutrisi untuk pertumbuhan akar tanaman.

Echinodorus parviflorus


Nama Keluarga: Alismataceae 
Asal: Amerika Selatan 
Tinggi: 2-6 cm 
Perawatan: Mudah 
Cahaya: Sedang 
Co2: Rendah 0-6 mg/l
Perbanyakan: Pemotongan Tunas 
Tingkat pertumbuhan: Sedang

Tanaman yang mudah beradaptasi, yang menjadikanya pilihan yang tepat untuk akuarium. Tanaman yang menghasilkan daun hijau lancip, panjang, memiliki urat daun yang menonjol.

Dengan penggunaan substrat kaya nutrisi, tanaman yang bisa beradaptasi pada kondisi pencahayaan sedang sampai tinggi, Tanaman akan merambat melalui tunas samping, yang bisa di potong dan di tanam kedalam substrat.

Echinodorus quadricostatus


Jenis: Rosulate 
Asal: Amerika Selatan 
Tingkat pertumbuhan: Cepat 
Tinggi : 10 - 15+ 
Cahaya : Rendah 
CO2: Rendah 0-6 mg/l

Helanthium Quadricostatus dari Amerika Selatan memiliki ciri daun hijau muda dengan ukuran 10-15 cm, paling cocok ditanam dalam kelompok. Dalam kondisi yang baik tanaman menghasilkan tunas yang tersebar dibagian bawah.

Echinodorus uruguayensis


Perawatan: Mudah 
Pencahayaan: Sedang ke Tinggi 
Penempatan: Midground ke Background 
Ukuran Maksimal: 24 cm 
Perbanyakan: Pemisahan Rimpang 
Asal: Amerika Selatan 
Keluarga: Alismataceae

Spesies tanaman yang sangat bervariasi dengan banyak bentuk. Bentuk berjenis pedang Uruguay terutama berbeda dalam panjang daun, lebar dan warna. Rona bervariasi dari, menengah ke hijau botol, lebih dari merah gelap bahkan kehitaman.

Daun varietas terbesar tumbuh dengan panjang lebih dari satu meter. Bentuk E. uruguayensis memainkan peran penting dalam hibrida Echinodorus. Namun, semua bentuk ini memiliki satu kesamaan: lanceolate lonjong hingga berbentuk pita, sedikit transparan, fleksibel tetapi daun yang terendam relatif kuat dengan ujung tumpul.

Bilah daun menyempit ke dalam tangkai daun. Tangkai bunga yang belum ditumbuhkan tumbuh tegak atau merayap, bunganya relatif besar.

Echinodorus bleheri



Keluarga : Alismataceae
Asal : Amerika selatan
Perawatan : Mudah
Cahaya : Sedang
Co2 : Rendah 0-6 mg/l
Perbanyakan : Tunas
Pertumbuhan : Cepat

Tanaman ini memiliki batang pendek, daun panjang dengan ujung runcing, daun berwarna hijau gelap dan daunya sedikit bergelombang.

Echinodorus bleheri dapat tumbuh besar jadi paling baik ditempatkan di area belakang, tanaman ini berkembang biak melalui tunas, tunas bisa di potong lalu tanam kembali ke substrat jika ingin di perbanyak.

Echinodorus grandiflorus



Keluarga : Alismataceae
Asal : Amerika selatan
Perawatan : Mudah
Cahaya : Sedang
Co2 : Rendah 0-6 mg/l
Perbanyakan : Tunas dan benih
Pertumbuhan : Lambat

E. grandiflorus berasal dari sungai dan tepian sungai di sepanjang pantai Amerika selatan bagian tenggara seperti Brasil selatan, Uruguay, Argentina.

populasi tanaman ditemukan di Argentina provinsi Rio negro, meskipun dapat tumbuh besar sebagai tanaman emersed E. grandiflorus dapat tumbuh tenggelam di dalam air. Ketika didalam air E. grandiflorus akan tumbuh lambat dapat tumbuh mencapai 50 cm.

Daun muda biasanya berwarna kemerahan dengan memiliki bintik-bintik coklat kemerahan, E. grandiflorus bisa diperbanyak dengan benih atau dengan memisahkan tunas yang tumbuh di sekitar tanaman.

Echinodorus ozelot green



Keluarga : Alismataceae
Asal : Kultivar
Perawatan : Mudah
Cahaya : Sedang
Co2 : Rendah 0-6 mg/l
Perbanyakan : Tunas
Pertumbuhan : Cepat

E. ozelot green sangat baik jika ditempatkan di area tengah dan belakang akuarium. Tanaman ini memiliki bermacam variasi warna dari merah, merah muda, hijau dan hijau tua.

E. ozelot green merupakan tanaman yang kuat dan mudah dalam perawatanya hanya saja pastikan substrat harus kaya nutrisi agar mencapai pertumbuhan maksimal.

E. ozelot green dapat diperbanyak dengan memisahkan tunas samping, lalu tanam kembali ke dalam substrat.

Echinodorus latifolius



Keluarga : Alismataceae
Asal : Amerika
Perawatan : Mudah
Cahaya : Sedang
Co2 : Rendah 0-6 mg/l
Perbanyakan : Tunas
Pertumbuhan : Cepat

E.  latifolius merupakan tanaman berukuran sedang dengan pertumbuhan berbentuk tunas berbentuk sulur jadi dapat digunakan sebagai tanaman karpet untuk akuarium besar dan tanaman tengah untuk akuarium kecil. Bentuk daun E. latifolius saat terendam daun berwarna hijau muda.

Echinodorus rose



Keluarga : Alismataceae
Asal : Kultivar
Perawatan : Mudah
Cahaya : Sedang
Co2 : Rendah 0-6 mg/l
Perbanyakan : Tunas
Pertumbuhan : Sedang

E. rose merupakan tanaman hibrida tertua dan dikembangbiakan pada tahun 1986 oleh Hans barth di Dessau Jerman. Saat daun terendam akan berwarna merah muda dengan substrat kaya nutrisi mampu meningkatkan pertumbuhan. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan memisahkan tunas baru dari tanaman induk.

Echinodorus reni



Keluarga : Alismataceae
Asal : Kultivar
Perawatan : Mudah
Cahaya : Sedang-tinggi
Co2 : Rendah 0-6 mg/l
Ph : 5-7
Perbanyakan : Tunas

Echinodorus reni merupakan tanaman kultivar hasil dari persilangan antara tanaman E. grosser baer dan E. ozelot. Pencahayaan yang kuat dapat membuat E. reni tumbuh kompak dengan warna coklat kemerahan, pastinya dengan menambah injeksi Co2 dan substrat kaya nutrisi.

Echinodorus red diamond



Keluarga : Alismataceae
Perawatan : Mudah
Pertumbuhan : Sedang
Ph : 5-7
Suhu : 15-30 C
Perbanyakan : Tunas
Cahaya : Sedang
Co2 : Sedang 6-14 mg/l
Asal : Kultivar

Tanaman yang dikembangkan di negara Ukraina, E. red diamond adalah tanaman hibrida dengan bentuk daun menarik, daun berbentuk seperti pedang berwarna merah, panjang 15-25 cm.

E. red diamond memiliki ukuran sedang, pastikan substrat kaya nutrisi untuk menunjang pertumbuhan tanaman, disamping juga pencahayaan berpengaruh membentuk warna merah pada daun.

Baca juga : trimming-tanaman-roset-aquascape

PEMESANAN PUPUK ORGANIK CAIR BISA MELALUI NO HP

- 089530499948

PEMBELIAN BISA LEWAT COD / TOKO ONLINE, GRATIS ONGKIR KE SELURUH INDONESIA

TERSEDIA JUGA DI :

TOKOPEDIA KLIK TULISAN BIRU: 

https://tokopedia.link/dFDXs4kymwb

SHOPEE KLIK TULISAN BIRU: 

https://shp.ee/82c6jve

Comments

Popular posts from this blog

JENIS TANAMAN ROTALA

JENIS TANAMAN ROTALA Rotala rotundifolia pink (ceylon) Info tanaman Keluarga: Lythraceae Genus: Rotala Wilayah: Asia Kebutuhan Cahaya: Sedang - tinggi Tingkat Pertumbuhan: Cepat Kesulitan: Mudah Lokasi: Midground - latar belakang Rotala rotundifolia pink adalah tanaman akuarium klasik, rotundifolia adalah tanaman merah yang mudah tumbuh di akuarium. Meskipun akan tumbuh dalam cahaya sedang, tanaman ini benar-benar membutuhkan cahaya tinggi untuk menunjukkan warna aslinya. Rotala rotundifolia green Info tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat pertumbuhan: Tinggi Tinggi: 20 - 30+ cm Cahaya: Sedang CO2: Sedang Rotala sp asiatik hijau sangat mirip dengan Rotala rotundifolia, tetapi daunnya tetap hijau segar dan cerah, bahkan dengan cahaya intensif. Panjang batang mencapai 40-50 cm dan lebar 2-3 cm. Tanaman ini membentuk banyak tunas samping dan memperoleh pertumbuhan yang indah, lebat. Tanaman harus sering dipangkas untuk me

PENYEBAB MUNCULNYA ALGA AQUASCAPE

PENYEBAB MUNCULNYA ALGA AQUASCAPE Black Beard Alga (BBA) Black Beard Alga termasuk kelompok alga merah seperti halnya alga staghorn. BBA mempunyai variasi warna dari hijau tua, abu-abu dan hitam pekat. BBA akan menempel di peralatan aquascape, daun tanaman, bahkan bisa menempel di substrat. Penyebab Munculnya BBA akan muncul di akurium jika banyaknya kotoran di filter dan substrat. Bersihkan secara berkala setiap minggu dengan menguras air 50%. CO2 juga sangat berpengaruh terhadap munculnya alga BBA. Jika kekurangan CO2 alga ini akan mengambil karbon yang dibutuhkan.  Dan alga ini dapat memisahkan karbon dari ion hydrogen karbonat, lalu menghasilkan ion hidroksida yang dapat meningkatkan pH di dalam air. Dari situlah alga BBA bisa lebih susah dibersihkan dan tidak menarik bagi fauna pemakan alga untuk memakanya. Brown Algae (Diatoms) Brown alga sering muncul di tangki yang baru di buat sekitar umur satu hingga tiga minggu. Alga ini sering juga menempel di s

17 TANAMAN ANUBIAS

TANAMAN ANUBIAS Anubias afzelii (congensis) Anubias afzelii Nama ilmiah: Anubias afzelii Keluarga: Araceae Ukuran : 15 - 30 cm Kisaran pH : 6 - 8 Suhu : 23 - 27 ° C Reproduksi tanaman: Rimpang Asal (di alam liar): Afrika tanaman tumbuh: Lambat pencahayaan: Sedang Anubias afzelii tidak terlalu rewel tentang persyaratan pencahayaan. Seperti beberapa tanaman Anubias lainnya, spesies ini cukup di bawah pencahayaan yang terang, namun juga akan tumbuh sama cepatnya di bawah pencahayaan redup. Pencahayaan yang terlalu terang dapat menyebabkan tanaman ini ditumbuhi alga. Anubias gigantean Kisaran pH: 6.5 - 7.2 Kisaran suhu: 22-28 C Perbanyakan: Stek rimpang. Habitat: Afrika Cahaya : rendah - sedang Anubias terlihat bagus di akuarium tetapi tumbuh jauh lebih lambat di bawah air. Cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan mereka adalah dengan menaikkan daunnya di atas permukaan air Anda. Anubias akan berakar di kayu atau bat

17 JENIS LUDWIGIA

17 JENIS LUDWIGIA LUDWIGIA INCLINATA VAR VERTICILLATA 'ARAGUAIA' Kebutuhan Cahaya: Tinggi CO2 : Sangat dibutuhkan Struktur Tanaman: Batang Keluarga: Onagraceae Genus: Ludwigia Wilayah: Amerika Selatan Lokasi: Rio Araguaia, Brasil Ukuran: lebar batang 10 cm Tingkat Pertumbuhan: Cepat Ludwigia inclinata var. verticillata 'Araguaia' adalah varietas lokal dari L. inclinata yang berdaun murni dari Rio Araguaia di Brasil timur. Itu menyerupai L. inclinata var verticillata 'Kuba'. Ini berbeda dengan daunnya yang lebih sempit dan kecenderungan yang lebih rendah untuk membentuk tunas lateral. LUDWIGIA INCLINATA VAR. VERTICILLATA 'CUBA' Kebutuhan Cahaya: Tinggi CO2 : Sangat dibutuhkan Struktur Tanaman: Batang Keluarga: Onagraceae Genus: Ludwigia Wilayah: Amerika Tengah / Selatan Lokasi: Kuba Ukuran: Lebar batang individu: 10-15 cm Tingkat Pertumbuhan: Cepat Ludwigia inclinata var. verticillata '

Membasmi Hama Planaria Aquascape

Membasmi Hama Planaria Aquascape Cacing Planaria Planaria termasuk cacing pipih atau turbellaria. Spesies planaria terdiri dari berbagai jenis dengan karakteristik berbeda. Cacing planaria terdapat di air tawar dan air asin, sebagai hewan predator itu kenapa cacing planaria dianggap hama diakuarium. Tidak semua cacing planaria berbahaya bagi penghuni akurium seperti ikan, udang, siput karena cacing planaria di akuarium hanya memakan microorganisme dan sisa pakan ikan yang tidak habis. Mengapa cacing planaria bisa menjadi berbahaya   Dalam jumlah cacing planaria yang tak terkontrol, bisa menimbulkan masalah bagi hewan invertebrata seperti udang dan siput bisa berdampak juga bagi ikan. Dalam masalah ini ukuran mangsa sangat mempengaruhi. Cacing planaria akan memangsa anakan ikan dan telur ikan. Dapat juga memangsa udang yang baru mengganti kulit. Mengenal lebih dekat cacing planaria   Sebagai hama paling umum di akuarium, cacing planaria termasuk dalam ordo Tricl

TANAMAN KARPET AQUASCAPE/BAGIAN FOREGROUND

TANAMAN AQUASCAPE FOREGROUND Tanaman karpet biasa ditanam dibagian depan aquascape untuk menciptakan hamparan rumput, setiap tanaman juga memiliki cara perawatan yang berbeda tergantung jenis tanamanya diantaranya. Glossotigma elatinoides Glossotigma elatinoides Nama Spesies: Glossostigma elatinoides Sinonim: Glossostigma elatinoides Lokasi: Australia Genus: Glossostigma Keluarga: Phrymaceae Negara: Kosmopolitan Tingkat Pertumbuhan: Cepat Pencahayaan: Tinggi Toleransi pH: 5.0-7.0 Tipe Tanaman: Batang Glossostigma elatinoides, adalah tanaman air tawar asli Australia, Selandia Baru, India, dan Afrika Timur. Ini adalah tanaman cleistogami, yang merupakan jenis tanaman penyerbukan sendiri yang dapat diperbanyak dengan menggunakan bunga yang tidak membuka. Ketika pertumbuhan terendam, daunnya memiliki panjang antara 0,5-2,5 inci dan menghasilkan bunga penyerbukan sendiri yang tertutup. Hemianthus callitrichoides cuba Hemianthus callitrichoides cuba Nama Spesies: Hemianthus

Jenis Bucephalandra

Jenis Bucephalandra Bucephalandra Brown Nama Umum: Bucephalandra Brownie Brown  Nama Keluarga: Araceae  Asal : Kalimantan, Indonesia  Ukuran Daun: 1-2 cm  Perawatan: Mudah  Cahaya: Rendah ke Sedang  Co2: Tidak perlu  Perbanyakan: Pemotongan rimpang Buce Brownie Brown adalah tanaman yang mudah dalam perawatanya. Tanaman ini tumbuh sangat lambat, dengan daun baru tumbuh dari rimpang. Perbanyakan dengan memotong rimpang dan mengikatkanya pada kayu dan batu menggunakan lem atau benang. Bucephalandra Mini Coin Nama Umum: Bucephalandra Mini Coin Nama Keluarga: Araceae  Asal : Kalimantan, Indonesia  Ukuran Daun: 1cm  Perawatan: Mudah  Cahaya: Rendah ke Sedang  Co2: Tidak perlu  Perbanyakan: Pemotongan rimpang Seperti kebanyakan spesies Buchepalandra yang lain. Tidak ada perawatan yang khusus untuk menumbuhkan Buche Mini Coin. Hanya penambahan pupuk cair sangat di anjurkan karna tanaman ini tidak mengambil nutrisi dari substrat namun men

JENIS TANAMAN HYGROPHILA / STEM PLANT

13 JENIS TANAMAN HYGROPHILA / STEM PLANT Tanaman Hygrophila adalah tanaman berbunga dari keluarga achantus, acanthaceae yang berjumlah 80 sampai 100 spesies diantaranya tanaman air, yang sudah di perdagangkan di seluruh dunia. HYGROPHILA POLYSPERMA 'SUNSET' Kebutuhan Cahaya: Sedang Struktur Tanaman: Batang Keluarga: Acanthaceae Genus: Hygrophila Wilayah: Cultivar Lokasi: Cultivar Ukuran: Lebar batang: 6-10 cm Tingkat Pertumbuhan: Cepat Hydrophila polysperma "Sunset", di Eropa dijual dengan nama "Rosanervig". Tanaman berwarna merah yang sederhana ini sangat menarik. Tumbuh di hampir semua kondisi. Temperatur antara 18 dan 28 ° C, nilai pH dalam kisaran 5 hingga 8 dan kesadahan air dari lunak ke keras dapat ditoleransi dengan sangat baik, yang menunjukkan bagaimana tanaman ini dapat beradaptasi. Namun, tidak memerlukan banyak cahaya dan CO2, jika dilengkapi dengan faktor-faktor ini warnanya yang kemerahan semakin intensi

Jenis Hydrocotyle Aquascape

Hydrocotyle Hydrocotyle, sering juga disebut pennywort air,pennywort India, pennywort rawa, pennywort berdaun tebal adalah genus tanaman semi atau semi-akuatik yang sebelumnya diklasifikasikan dalam keluarga Apiaceae, sekarang di keluarga Araliaceae. Hydrocotyle vulgaris Info tanaman Nama Umum: pennywort Keluarga: Araliaceae Wilayah : Eropa Cahaya :Sedang Tinggi: 3 – 10+ cm Perawatan: Rendah Hydrocotyle vulgaris, atau pennywort air, tersebar luas di Eropa dan juga ditemukan di Afrika Utara, di Kaukasia dan Iran. Di Jerman Hydrocotyle asli. Ini membentuk populasi yang luas di tepi danau dan tepi kolam dan terutama tumbuh di lokasi yang kurang nutrisi dan kapur, berawa atau berpasir, yang mungkin cukup kering. Pennywort juga meluas ke air dangkal, di mana daunnya terkadang mengapung di permukaan air. Hydrocotyle verticillata Info tanaman Jenis: Batang Asal: Amerika Selatan Tingkat pertumbuhan: Sedang Tinggi: 3 – 10+ cm Cahaya: Ting

MOSS AQUASCAPE

MOSS AQUASCAPE Chladophora aegagropila (Moss ball) Cladophora Aegagropila adalah bukan benar-benar tanaman, tetapi bola ganggang dengan ukuran 3-10 cm. Biasanya ditemukan di danau dangkal di mana gerakan ombak membentuknya menjadi bola. Dalam akuarium lumut harus diputar secara teratur untuk menjaga bentuknya. Asal: Cosmopolitain Cahaya: Rendah Jenis: Lumut Tinggi: 3-10 cm Tingkat Pertumbuhan: Lambat Tingkat Perawatan: Mudah Fissiden fontanus Fissidens adalah lumut dengan warna hijau tua yang rapat berasal dari Amerika Utara. Tumbuh relatif lambat dan membutuhkan lebih banyak cahaya dari pada lumut lainnya. Cocok untuk mengikat akar dan batu baik secara vertikal maupun horizontal di akuarium. Jenis: Lumut Asal: Kosmopolitan Tingkat pertumbuhan: Lambat Tinggi: 3 - 5+ cm Cahaya: Sedang CO2: Sedang Monosolenium tenerum (Pellia endiiviifolia, pellia, atau pelia) Monosolenium tenerum adalah lumut hati yang menarik, setinggi 2-5